Sabtu, 06 April 2013

Silaturrahmi BKMT Kab. Kotabaru dan Majlis Taklim Se Kabupaten Kotabaru





Pada tanggal 2 April 2013 bertempat di Gedung Juang Siring Laut, Jl. Pangeran Indra Kesuma Jaya dilaksanakannya “Silaturrahmi Antara  Pengurus Badan Kontak Majlis Taklim Kabupaten Kotabaru dengan Perwakilan/Pengurus Majlis Taklim Se-Kabupaten Kotabaru”. BKMT Kab. Kotabaru yang dipimpin oleh Hj. Mariana Tata M. Anwar ini baru saja dilantik.

Setelah dilantik berselang kurang lebih satu minggu, pengurus BKMT langsung melakukan pertemuan untuk membahas tentang program-program yang akan dijalankan. Walau kepengurusan ini masih baru, BKMT Kab. Kotabaru langsung melakukan gebrakan dengan program-program skala prioritasnya antara lain:

1.   Melakukan sosialiasasi program dan silturrahmi dengan Majlis Taklim Se Kabupaten Kotabaru.

2.  Pengumpulan Al-Qur’an yang sudah tua (rusak,dll) yang ada pada masyarkat yang kemudian akan diganti dengan Al-Qur’an yang lebih baik.

3.   Mendata masyarakat yang buta aksara Al-Qur’an yang kemudian akan memfasilitasi untuk belajar Al-Qur’an bagi mereka yang buta baca al-Qur’an.

4.  Bekerjasama dengan Radio Gema Sa-ijaan Kab. Kotabaru untuk diberikan durasi dalam penyampaian dakwah dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan BKMT dan Majlis Taklim.

5.   Pembuatan buletin berkala yang berisi tentang dakwah, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Buletin ini akan menjadi cikal bakal pembuatan majalah BKMT pada tahap selanjutnya.

6.   Di bidang Kesehatan :
a.   Bidang kesehatan yang dimotori oleh bunda Hj. Barliana M. Noor dan Nurdin, S.Ag, S.Pd.I, M.M.Pd ini akan Mendata Lansia untuk diberikan sosialiasasi dan diupayakan membantu kesejahteraan dan kesehatan mereka. Untuk program kesehatan lansia, BKMT Kotabaru akan melaksanakan kegiatan senam rutin minimal sebulan sekali dengan pengurus BKMT, perwakilan majlis taklim dan para lansia. Senam lansia tersebut antara lain : Senam Tai chi, Senam anti stroke, senam jantung, dll.

b.   Melakukan sosialisai kesehatan kepada masyarakat antara lain tentang penyakit jantung, stroke, ginjal, kanker Khususnya kanker payudara, dll. Yang pelaksanaannya akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di wilayah Pemda Kotabaru. Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyakit-penyakit kritis, sehingga masyarakat bisa melakukan pencegahan secara dini tentang penyakit-penyakit tersebut. (Nurdin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar